Pemdes Sumber Harapan Siapkan Total Rp 30 Juta, Hadiah Lomba Sampan Bedar se-Kalbar

Sebarkan:
Foto: Pamplet pengumuman lomba Perahu Besar, di Desa Sumber Harapan, Kabupaten Sambas. (Istimewa)

Ninemedia.id, SAMBAS,- Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Harapan, Kecamatan Sambas, Kabupaten Sambas akan menggelar lomba Sampan Bedar Se-Kalimantan Barat, Minggu 7 Mei 2023. 

Sekretaris Desa Sumber Harapan, Ersandi mengatakan kegiatan itu akan dilaksanakan di Sungai Sambas Kecil, pada Minggu (14/5) mendatang.



Sejauh ini kata dia, tidak kurang dari 60 peserta se-Kalbar yang sudah siap hadir dan ikut ambil bagian pada kegiatan tersebut.

“Saat ini yang tergabung dalam grup lomba sampan bedar se-Kalbar mencapai 60 tim dan kemungkinan hal ini akan bertambah menjadi ratusan pada saat pelaksanaan Technical Meeting (TM) nantinya," katanya.



"Dan untuk saat ini sudah cukup banyak tim sampan yang sudah mendaftarkan diri untuk ikut serta dalam event tersebut kepada panitia. Dan pendaftarannya akan kita tutup setelah Technical Meting pada tanggal 11 mei 2023," sambungnya. 

Sandi, sapaan akrabnya menjelaskan lomba sampan bedar yang diselenggarakan oleh Pemdes Sumber Harapan merupakan inisiasi Pemdes Sumber Harapan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 1986 dan 1994 lalu.

[cut]
Foto: Pamplet pengumuman lomba Perahu Besar, di Desa Sumber Harapan, Kabupaten Sambas. (Istimewa)

“Kegiatan ini di inisiasi oleh pemerintah Desa Sumber Harapan, dalam upaya mempromosikan Desa Sumber Harapan sebagai desa Wisata Budaya Tenun kepada masyarakat banyak. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi antar atlet dayung dalam perayaan idul fitri 1444 H,” ujarnya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan didesa sumber harapan semenjak era tahun 2000 an, dulu pernah di laksanakan kegiatan seperti ini di Desa Sumber Harapan pada tahun 1986 dan 1994,” papar Alumni Fakultas Pertanian (Faperta) Untan ini.



Lebih lanjut dia menjelaskan pada ajang lomba sampan bedar se-Kalbar tersebut, panita telah menyiapkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 30 juta dan hadiah lainnya.

“Untuk hadiah panitia sudah menyiapkan hadiah berupa uang tunai sebesar Rp 30 juta, Trofi dan syal kain tenun sambas, yang mana sebagai ciri khas desa budaya tenun untuk para atlit yanf meraih juara 1-3," ungkapnya.



"Yang mana kain syal ini murni sumbangan dari pengrajin tenun songket baik kelompok maupun individu yang ada di desa sumber harapan,” tuturnya.

Oleh karenanya dia berharap, pada pagelaran lomba sampan bedar se-Kalbar nantinya dapat meningkatkan semangat para atlit dayung dalam mempertahankan dan mengembangkan tradisi sejak lalu.

[cut]
Foto: Pamplet pengumuman lomba Perahu Besar, di Desa Sumber Harapan, Kabupaten Sambas. (Istimewa)

Karenanya, dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat para atlit dayung dalam mempertahankan dan mengembangkan tradisi yang sudah ada sejak dahulu. 



"Dan Melalui kegiatan seperti ini juga kita berharap dapat mengangkat perekonomian masyarakat melalui promosi desa terhadap hasil kerajinan masyarakat,” harapnya.

“Kita juga berharap doa dan dukungan dari semua pihak agar kiranya kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana panitia, sehingga nantinya kita menginginkan event seperti ini akan menjadi agenda tahunan di Desa Sumber Harapan,” tutupnya. (Zal)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini