Pantau Jalan Rusak di Lampung, Jokowi: Setiap Ruas Jalan Punya Penanggung Jawab

Sebarkan:

Foto: Mobil Dinas Presiden Joko Widodo saat melintas di jalan rusak, Provinsi Lampung. (Istimewa)

Ninemedia.id,- Presiden Joko Widodo secara mengejutkan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Lampung setelah viral kondisi jalan rusak yang di unggah oleh salah seorang pengguna Tiktok di Media Sosial, Jumat 5 Mei 2023.

Dihadapan masyarakat Lampung, dia mendengar lansung keluhan masyarakat terkait kondisi jalan yang mereka lalui sehari-hari.



Karenanya, Presiden mengatakan setiap ruas jalan memiliki penanggung jawabnya masing-masing. Dan itu ada di setiap tingkat pemerintahan. 

"Setiap ruas jalan di negara ini memiliki penanggung jawabnya masing-masing. Pemerintah pusat bertanggung jawab untuk jalan nasional, gubernur untuk jalan provinsi, dan bupati/wali kota untuk jalan kabupaten/kota," katanya.



Ditegaskan Presiden, meski memiliki penanggung jawabnya masing-masing. Pemerintah pusat bisa saja sewaktu-waktu mengambil alih perbaikan jalan di tingkat tertentu.

"Meskipun demikian, dalam situasi tertentu, pemerintah pusat akan mengambil alih perbaikan jalan seperti di Provinsi Lampung," ungkapnya.

[cut]
Foto: Mobil Dinas Presiden Joko Widodo saat melintas di jalan rusak, Provinsi Lampung. (Istimewa)

"Semangatnya adalah kita ingin memperbaiki jalan-jalan yang sudah lama tidak diperbaiki seperti yang saya lihat dalam kunjungan hari ini, baik jalan provinsi, kabupaten, atau jalan kota yang rusak parah," tegasnya.

Setelah memantau kondisi jalan di Lampung. Dia katakan, pemerintah akan mengucurkan anggaran fantastis untuk perbaikan jalan di Lampung, yakni sebesar 800 Miliar.



"Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan segera memperbaiki sejumlah ruas jalan yang rusak di Provinsi Lampung dengan secara khusus mengucurkan anggaran kurang lebih 800 miliar," tuturnya.



"Biaya tersebut akan mencakup perbaikan 15 ruas jalan dan akan dimulai pada bulan Juni setelah proses lelang," tuturnya. 

[cut]
Foto: Mobil Dinas Presiden Joko Widodo saat melintas di jalan rusak, Provinsi Lampung. (Istimewa)

"Nanti ada beberapa ruas yang menjadi tanggung jawab gubernur, ada bupati. Jangan semuanya ditanggung pemerintah pusat," timpal Presiden.

Dia juga tidak menutup kemungkinan akan membantu melihat Provinsi lainnya di Indonesia. Yang mengalami nasib sama seperti di Lampung.



"Hal serupa yang membutuhkan bantuan pemerintah pusat juga ada di beberapa provinsi lain. Yang jelas memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk menyiapkan infrastruktur jalan yang baik adalah bagian dari tugas pemerintah baik pusat, provinsi, maupun kabupaten/kota," tutupnya. (Wak)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini