Karimata Jadi Rekomendasi Wisata Apik di Kayong Utara

Sebarkan:


FOTO - Gambar Udara Pulau Karimata, Kayonh Utata, Kalbar. (Ist)

Ninemedia.id, RAGAM - Hallo sahabat traveller kali ini kita mau mengenalkan tempat wisata yang tak kalah hebatnya dengan Raja Ampat. Tempat wisata ini bernama Pulau Karimata.

Karimata adalah suatu pulau yang merupakan salah satu tempat wisata alam yang tidak kalah menariknya dengan wisata lain.

Baca Juga: OSO Sebut Masa Depan Indonesia Ada di Tangan Pemuda


Dimana keadaan alam yang dimiliki Pulau Karimata mempunyai ciri khas tersendiri baik itu tumbuhan dan hewannya. Pulau Karimata ini terletak di Kabupaten Kayong Utara.

Pulau Karimata memberikan berbagai wisata, mulai dari terumbu karang, hutan pantai, hutan mangrove, dan perbukitan tinggi dengan tumbuhan yang terdiri dari berbagai jenis tanaman laut dan tumbuhan pohon - pohon tinggi yang tumbuh di bukit Pulau Karimata.


Untuk sampai menuju Pulau Karimata, pengunjung harus menggunakan transportasi air yang dapat ditempuh melalui dua rute yang berbeda, yaitu:

Pertama, melalui Pelabuhan Kakap dengan menggunakan kapal motor barang (carter) yang memasok sembako ke Kepulauan Karimata dengan waktu tempuh 8 jam.

[cut]


FOTO - Gambar Udara Pulau Karimata, Kayonh Utata, Kalbar. (Ist)

Jika memilih melalui rute ini, selama perjalanan anda akan beberapa kali singgah pada pulau di Kepulauan Karimata untuk memasok barang dagangan yang dibawa.

Kedua, dari Sukadana dapat menggunakan perahu kelotok selama 12 jam menuju Pulau Karimata.



Perahu kelotok ini tidak setiap hari ada dan berakses pulang pergi ke kari mata, tetapi hanya 2 atau 3 kali perahu tersebut berangkat.

Dengan lokasi jauh tersebut Wisata Selat Karimata belum terlalu populer, karena akses untuk menuju kesana belum memadai atau sulitnya transportasi untuk sampai ke sana.


Bahkan pada 2016 lalu Kabupaten Kayong  Utara sudah mempromosikan selat karimata dengan acara seil karimata yang puncak acaranya di pulau karimata tersebut, bertujuan untuk memperkenalkan wisata selat karimata kepada para wisatawan.

Selain transportasinya susah dan biayanya mahal untuk menuju kesana, tetapi wisata disana tidak kalah menariknya dengan wisata lain yang ada di indonesia.

[cut]

FOTO - Gambar Udara Pulau Karimata, Kayonh Utata, Kalbar. (Ist)

Dari pantai dan  bawah laut, wisata selat karimata memberikan keindahan terumbu karang dan berbagai jenis ikan yang hidup disana.

Untuk para snorkeling dan skin diving tidak akan rugi atau kecewa kalau sudah berenang disana dengan keindahan dasar laut yang di berikan.


Ada juga hutan mangrove dan bukit yang di tumbuhi berbagai tumbuhan yang hidup di dalamnya. Karena sepanjang selat ini menyuguhkan pesona alam nan istimewa dengan laut biru, pepohonan hijau, dan aneka flora.

Sehingga tumbuhan yang tumbuh di pulau tersebut. Sehingga menambah kecantikan dan keindahan yang dimiliki Pulau Karimata. (ANT)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini