Kaini Ungkap Strategi Peningkatan Partisipasi Pemilih di Pemilu 2024

Sebarkan:

Penulis adalah tokoh masyarakat Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat, Kaini, M.Pd. 

Ninemedia.id, MELAWI- Tokoh Masyarakat, Kecamatan Ella Hilir, Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat. Kaini, M.Pd membeberkan strategi untuk peningkatan partisipasi Pemilih di Kabupaten Melawi, pada Pemilu 2024. 

Meski partisipasi pemilih Kabupaten Melawi masih tergolong tertinggi di Kalimantan Barat. Namun demikian, tidak ada salahnya jika upaya peningkatan partisipasi itu terus diperkuat.



Indikator meningkatnya capaian partisipasi pemilih pada pemilu 2024 adalah menunjukkan tingkat literasi demokrasi di Kabupaten Melawi semakin baik. 

Kabupaten Melawi, pada Pilkada serentak kemarin mengalami penurunan partisipasi pemilih kurang lebih 6,12%. Padahal, pada Pemilu 2019 yang lalu, partisipasi pemilih di Kabupaten Melawi mencapai 92,09% dan menjadi yang tertinggi di Kalbar.



Namun pada Pilkada serentak 2020 kemarin, partisipasi pemilih Kabupaten Melawi turun menjadi 85,97%.

Gejala penurunan partisipasi pemilih ini patut untuk di antisipasi, dan dicarikan  solusinya. Meski diyakini penurunan itu di sebabkan oleh faktor-faktor tertentu, seperti pandemi.

[cut]

Pertama, mungkin karena Pilkada serentak di laksanakan di masa Covid-19 maka terjadi penurunan partisipasi pemilih. Yang kedua, perlu penguatan fungsi sosialisasi melalui pelbagai platform dan media juga penting dilakukan. 

Karenanya, kedepan untuk memaksimalkan peran sosialisasi di Kabupaten Melawi. Penting untuk penyelenggara memaksimalkan fungsi sosialisasi.



Strateginya adalah pertama bersinergi dengan para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dan para temenggung yang ada di Kabupaten Melawi. Untuk bisa melakukan sosialisasi yang berbasis kebudayaan dan pendekatan lokal, dengan begitu kita berharap bisa meningkatkan partisipasi pemilih. 

Kedua, melakukan penguatan dan kerjasama. Membangun sinergitas dengan unsur-unsur media cetak dan elektronik, bersinergi dengan influencer (Konten kreator, YouTubers, Tik Tokers, Selebgram).



Dan merangkul kelompok-kelompok pemuda dan komunitas sampai ke tingkat Kecamatan untuk bisa menggerakkan dan menginformasikan pentingnya Pemilu dan memilih kepada masyarakat Kabupaten Melawi. 

Dengan demikian, maka keinginan kita untuk memaksimalkan partisipasi pemilih diyakini akan lebih baik. (Ant)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini