TB Rita 103 Tenggelam di Perairan Kendawangan, Satu Orang Meninggal Dunia

Sebarkan:

Foto: Evakuasi korban tenggelamnya TB Rita 103, di perairan Kendawangan, Kabupaten Ketapang. (Istimewa/Basarnas)

Ninemedia.id, KETAPANG,- TB RITA 103 tenggelam di perairan Pulau Sawi, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, Sabtu 23 Juli 2022.  

Tenggelamnya TB RITA 103 ini disebabkan oleh terjangan ombak dan angin kencang yang melanda kawasan tersebut beberapa waktu lalu. 

Kepala Kantor SAR Pontianak Yopi Haryadi mengatakan proses tenggelamnya TB Rita berlangsung saat kapal tersebut tengah memuat muatan.

"Pada hari Rabu 20 Juli sekitar pukul 16.30 WIB, TB RITA 103 sedang loading muatan bauksit di sekitar perairan Kendawangan, namun cuaca buruk dan ombak yang kencang menghantam kapal secara terus menerus," katanya.

"Akibatnya, kapal oleng dan tenggelam 14 kru kapal TB Rita 103 ikut tenggelam bersama kapal tersebut," tegasnya.

Baca Juga: Breaking News: Lakalantas di Jalan Trans Kalimantan, Satu Orang Meninggal Dunia

Baca Juga: DPRD Konsultasi ke Pemprov Terkait Pelayanan Desa Lorong Terhenti

Kata dia, MV Captain Veniamis lansung melakukan penyelamatan terhadap sebagian kru TB. RITA 103. Dan terdapat enam orang kru yang bisa diselamatkan.

"Sebanyak enam Kru berhasil diselamatkan oleh MV Captain Veniamis yang berada disekitar tenggelamnya TB. RITA 103. Namun delapan kru lainnya saat ini tengah dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan," ungkap Yopi.

Selanjutnya biaya dia, dari enam korban selamat kemudian dievakuasi menuju Kendawangan Oleh Rigid Inflatable Boat milik LANAL Ketapang.

"Setelah diselamatkan MV Captain Veniamis, keenam korban selamat dievakuasi oleh Rigid Inflatable Boat LANAL Ketapang untuk dibawa menuju pelabuhan Kendawangan," jelasnya.

Selanjutnya kata dia, Basarnas juga sudah menambah dan memberangkatkan personil dan Kapal dalam pencarian ini.

"Untuk mencari kru yang masih hilang kami telah memberangkatkan kapal rescue boat 214, rigid inflatable boat (RIB) Kantor SAR Pontianak serta alat utama air dari Potensi SAR yang terlibat," tuturnya.

Baca Juga: Sehan Ajak Kades Kedepankan Kepentingan Umum Dalam Memberikan Pelayanan

Baca Juga: Harga TBS Terjun Bebas, Satono Sampaikan Keluhan Petani ke Mendag Zulhas

Dua Korban Berhasil di Temukan

Dihari kedua pencarian kata dia, mereka kembali berhasil menemukan dua orang lagi korban, dan lansung di evakuasi sekitar pukul 19.30 Wib.

"Pada hari kedua kemarin pukul 19.30 WIB kembali ditemukan dua korban dalam keadaan selamat, dua korban selamat ini berhasil dievakuasi oleh TB Srikandi, dan selanjutnya RB 214 mengevakuasi kedua korban selamat dari TB Srikandi menuju Pelabuhan Kendawangan," jelasnya.

Satu orang meninggal dunia

Namun demikian, juga terdapat satu orang korban meninggal dunia. Kata dia, itu adalah korban tenggelamnya TB.RITA 103.

"Hari ketiga ini kami (tim SAR gabungan) kembali menemukan korban tenggelamnya TB. RITA 103. Satu korban ini ditemukan RB 214 dalam kondisi meninggal dunia," tuturnya.

Dari tiga hari pencarian kata dia, total korban yang sudah ditemukan sebanyak 9 orang, dengan rincian satu orang meninggal dunia dan 8 lainnya dalam keadaan selamat. Sementara itu, untuk 5 orang lainnya masih dalam pencarian. (ANT)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini