Nyesek, Timnas Pimpin Klasemen Tapi Gagal Lolos ke Semifinal Gara-gara Aturan AFF

Sebarkan:


Foto: Pemain Timnas menangis setelah gagal melaju ke babak semifinal piala AFF. (Istimewa/ig.@pssi)

Ninemedia.id, PONTIANAK,- Timnas Indonesia U-19 malam berhasil menang telak dan meyakinkan atas Myanmar dengan skor akhir 5-1, Senin 11 Juni 2022. 

Pada laga itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil menguasai pertandingan dan menekan pertanahan daripada Myanmar. 

Terbukti, pada akhir babak pertama, Indonesia mampu unggul 4-1, sampai dengan turun minum. Di babak kedua, Indonesia kembali menambah 1 gol, dan bertahan sampai peluit panjang dibunyikan.

Baca Juga: Breaking News: Polisi Evakuasi Jasad Korban Gantung Diri di Melawi

Baca Juga: Motif dan Kronologi Lengkap Kasus Pembunuhan Istri di Sajingan Besar

Mengoleksi 17 gol dan 2 kebobolan, surplus 15 gol dan meraih 11 poin nyatanya tidak cukup mengantarkan Timnas U-19 ke babak semifinal. Mereka justru tersingkir dengan cara yang tidak menyenangkan, yakni dengan perhitungan Head to Head.

Padahal, di klasemen akhir Indonesia berada di posisi 1 dengan 11 poin dan surplus 15 gol. Lebih banyak dari Vietnam dan Thailand. 

Namun karena aturan AFF, Indonesia dinyatakan gagal melangkah ke semifinal, setelah Thailand dan Vietnam bermain imbang 1-1, dan di hitungan Head to Head mereka unggul gol dari Indonesia.

Baca Juga: Peringati Hari Jadi Kota Sambas ke-391, Satono-Rofi Anjangsana ke Istana Alwatziekhoebillah

Baca Juga: Laga Hidup Mati Timnas U-19 di Piala AFF

Seusai pertandingan, pelatih Timnas Shin Tae-yong mengatakan tidak masuk akal Indonesia gagal lolos hanya karena Head to head, yang di aturan FIFA sudah tidak digunakan. Namun masih digunakan di AFF, padahal kata dia produktivitas tim asuhannya di atas tim lainnya di grub A. 

"Regulasi turnamen ini aneh karena AFF masih memakainya, padahal sudah tidak digunakan FIFA dan AFC. Jadi ketidak lulusan kami tidak masuk akal," ungkapnya. 

Sementara itu, Pelatih Thailand dan Vietnam berdalih kalau pemainnya kelelahan. Sehingga di akhir pertandingan tidak mampu berbuat banyak. (Red1)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini