Lapas Singkawang Beri Pelatihan Membatik Kepada Warga Binaan

Sebarkan:

Foto: Warga binaan Lapas IIb Singkawang saat mengikuti pelatihan membatik. (Istimewa)

Ninemedia.id, SINGKAWANG,- Dalam rangka meningkatkan pembinaan dan kemandirian pada warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIb Singkawang. Maka petugas Lapas bekerjasama dengan Loka Latihan Kerja Kota Singkawang untuk memberikan pelatihan kemandirian menjahit dan membatik bagi warga binaan, Senin 14 November 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang bimbingan kemandirian Lapas Singkawang dan diikuti oleh 10 orang warga binaan.



Kepala Lapas Singkawang, Priyo Tri Laksono melalui Kasi Binadik, Kuatno Eka Saputra mengatakan pelaksanaan kegiatan itu adalah dalam rangka  pembinaan kemandirian kepada warga binaan. 

Dimana mereka diberikan pelatihan keterampilan kerja yang diberikan oleh Loka Latihan Kerja Kota Singkawang agar mereka memiliki keterampilan yang nantinya bisa dijadikan sebagai salah satu bekal hidup setelah bebas nantinya.



Dengan diberikannya pelatihan membatik tersebut maka diharapkan mereka bisa membatik yang nantinya akan dipasarkan ke masyarakat luar.

" Hari ini Lapas Singkawang bekerjasama dengan Loka Latihan Kerja Kota Singkawang untuk memberikan pelatihan membatik kepada warga binaan, agar mereka bisa memiliki ketrampilan membatik," katanya. 

[cut]


Foto: Warga binaan Lapas IIb Singkawang saat mengikuti pelatihan membatik. (Istimewa)

"Nantinya hasil membatik ini bisa kita pasarkan ke masyarakat luar dan ini salah satu upaya dari Lapas untuk memberikan bekal hidup yang bisa digunakan warga binaan ketika bebas nantinya, "jelas Kuatno.

Selain itu kata dia, mereka di dalam Lapas memiliki kreasi dan inovasi yang bisa menghasilkan seni sehingga membuktikan bahwa warga binaan Lapas Singkawang mampu membuat karya-karya seni seperti warga binaan di Lapas/Rutan di seluruh Indonesia.



" Ini bukti bahwa warga binaan mampu membuat mahakarya di balik keterbatasan ruang dan waktu," ungkapnya. 

"Dengan harapan kelak ketika warga binaan Lapas Singkawang sudah bebas dapat berbaur dengan masyarakat serta menerapkan keterampilan yang sudah pernah di ajarkan selama di lapas," tutupnya. (Wak)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini