Heboh Sumur Mengeluarkan Solar di Teluk Keramat, Berikut Fakta Sebenarnya

Sebarkan:

Foto: Anggota Kepolisian saat mendatangi TKP guna memastikan kebenaran sumur yang mengeluarkan solar. (istimewa)

Ninemedia.id, Sambas,- Beberapa hari terakhir, jagad media sosial masyarakat Kabupaten Sambas di hebohkan dengan sebuah Video yang memperlihatkan sebuah sumur yang bisa mengeluarkan solar. Video tersebut diunggah pada Senin 4 April 2020 kemarin. 

Dari hasil penelusuran, diketahui bahwa lokasi sumur tersebut berada Dusun Arung Kuang Rt 09/Rw02 Desa Simpang Empat Kecamatan Teluk Keramat, Kabupaten Sambas. 

Dari hasil penelusuran, diketahui bahwa pemilik sumur yang dikatakan mengeluarkan solar dari dalam  sumur tersebut adalah Zuki (52). Pada kesempatan itu, Zuki menceritakan kronologi kejadian tersebut. 

Kata dia, kejadian itu bermula ketika salah satu tetangga Zuki Bernama Dadang menumpang mandi di rumah milik Zuki. Dan saat menghidupkan pompa air tercium aroma solar dari pompa tersebut.

Baca Juga: Rumah Adat Laman Betang, Kecamatan Menukung Hangus Terbakar

Baca Juga: Belasan Kepala Keluarga Jadi Korban Kebakaran di Kampung Beting

"Pada hari minggu sekitar pukul 13.00, dia menumpang mandi di rumah saya, ketika menghidupkan pompa air tiba-tiba tercium aroma solar yang menyengat keluar dari mesin pompa," katanya. 

Setelah itu kata dia, Dadang lansung mengecek sumur milik Zuki dan melihat air sumur sudah tercampur Solar. 

"Setelah itu saya lansung mengecek sumur menggunakan ember dan melihat air sumur bercampur dengan minyak Solar, seketika itu juga saya memberitahukan kepada pemilik sumur (Wardani anak Pak Zuki) hingga anak kecil dan orang ramai mendatangi hingga merekam sumur tersebut," sambung Dadang.

Sementara itu, Wardani anak dari Zuki mengatakan bahwa sekitar dua minggu yang lalu tong /wadah penyimpanan solar untuk gudang penggilingan padi milik orang tuanya mengalami kebocoran dan minyak solar tumpah.

Baca Juga: Seorang Pemancing Tenggelam di Sekitar Area PLTD Ketapang

Baca Juga: DPRD Terima LKPJ Bupati Sambas Tahun Anggaran 2021

"Sekitar dua minggu lalu tong atau wadah penampung solar milik bapak untuk gudang penggilingan padi memang mengalami kebocoran, sehingga hanya menyisakan sekitar setengah dari kapasitas 250 liter yang dapat ditampung," ungkapnya. 

"Baru sekitar satu minggu yang lalu memang sudah tercium aroma solar pada bak mandi namun saya dan keluarga masih belum curiga," ungkapnya.

Dugaan sementara, air sumur yang bercampur dengan solar ini di duga karena  bocornya tempat penyimpanan minyak solar yang berjarak kurang delapan meter dari lokasi sumur. 

Sehingga solar yang tumpah masuk kedalam sumur dari celah celah tanah, pada saat kemarau dan permukaan air di dalam sumur menurun menyebabkan solar yang ada di atas permukaan air ikut menurun dan tersedot oleh pompa air.

Baca Juga: Pemkab Sambas Siap Lakukan Safari Dakwah

Baca Juga: Pemkab Sambas Laksanakan Safari Ramadhan di Desa Mentibar Paloh

Beredarnya video tersebut mendapat tanggapan yang beragam. Lebih lagi karena Kabupaten Sambas sedang mengalami kelangkaan BBM jenis Solar. 

Saat ini, langkah demi langkah telah dilakukan oleh pihak kepolisan Kecamatan Teluk ke Keramat, diantaranya adalah unit reskrim, unit intelkam dan Sabhara Polsek Teluk Keramat telah mendatangi TKP, dan juga mengumpulkan keterangan dari saksi saksi yang ada di lokasi kejadian.

Menghimbau kepada warga agar tidak mudah memposting informasi di medsos yang belum jelas sumber serta kebenarannya. (Zal).

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini