Rumah Adat Laman Betang, Kecamatan Menukung Hangus Terbakar

Sebarkan:

FOTO - Rumah Adat Laman Betang, Dusun Laman Noras Rt. 07 Desa Batu Badak, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi ludes hangus terbakar, Minggu, 03 April 2022. (Istimewa)

Ninemedia.id, MELAWI,- Rumah Adat masyarakat Dayak, Laman Betang yang berlokasi di Dusun Laman Noras, Desa Batu Badak, Kecamatan Menukung, Kabupaten Melawi ludes terbakar pada Minggu 3 April 2022, kemarin. 

Kejadian tersebut terjadi pada Minggu, 03 April 2022. Sekitar jam 14.30 Wib. Kades Batu Badak, Damianus Enos membenarkan kabar tersebut. Dia mengaku dapat kabar dari perangkat desanya terkait peristiwa tersebut. 

"Pada saat peristiwa kebakaran tersebut posisi saya tidak berada di TKP karena posisi saya berada di Nanga Pinoh berdasarkan laporan perangkat desa saya atau warga setempat," katanya.

Baca Juga: Belasan Kepala Keluarga Jadi Korban Kebakaran di Kampung Beting

Baca Juga: Seorang Pemancing Tenggelam di Sekitar Area PLTD Ketapang

Kejadian itu kata dia terjadi saat warga tidak ada di dalam rumah Betang. Karena warga masih melaksanakan rutinitas di luar rumah, sehingga tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

"Tapi ada dua orang korban luka bakar, satu orang luka bakar ringan dan satu lagi luka bakar cukup parah di sekujuran tubuhnya,” jelasnya.

Dia menuturkan, kejadian itu terjadi begitu cepat. Dimana api langsung melahap habis Laman Betang tersebut, tanpa tersisa sedikit pun harta benda milik warga yang tinggal di rumah tersebut. 

Baca Juga: IMTEK Minta Oknum Pembakaran Lahan di Tindak Tegas

Baca Juga: Datangi PN Sambas, Warga Subah Tuntut Haknya di Kembalikan

"Besar kemungkinan api tersebut berasal dari salah satu dapur warga (yang mengunakan kayu bakar) tidak di ketahui dapur siapa pemiliknya," paparnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan berdasarkan adat dan budaya dahulu, bahwa rumah tersebut dengan ukuran memanjang dan berpetak-petak. Sehingga tidak diketahui dari mana asal api tersebut. 

"Rumah ini di diami oleh warga penduduk Dusun Laman Noras dengan jumlah kepala rumah tangga, 27 KK (Kartu Keluarga) dan diperkirakan lebih dari 60 jiwa" tutupnya. (Red2)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini