Analisis Kawasan Industri Terhadap Aktivitas Perekonomian Masyarakat Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Sebarkan:

Ninemedia.id  - Kawasan industri memberikan dampak terhadap aktivitas perekenomian di Desa Arang Limbung dilihat dari aktivitas ekonomi masyarakat yang kian menggeliat. 

Dampak positif yang dirasakan masyarakat antara lain penciptaan lapangan kerja, pengurangan pengangguran, dan peningkatan produksi dan pendapatan masyarakat. Sedangkan disisi lain terdapat dampak negatif yang ditimbulkan yaitu pencemaran lingkungan, dan lahan pertanian semakin berkurang. 

 Adapun analisis terhadap Aktivitas perekonomian yang dilakukan masyarakat yang diakibatkan adanya kawasan industri sudah sesuai dengan ekonomi islam. Seperti hal nya konsumsi dan produksi, dalam aktivitas perekonomiannya masyarakat sudah sesuai dengan prinsip konsumsi dalam islam yaitu keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan hati dan moralitas, prinsip tersebut berlaku juga halnya dalam kegiatan produksi. Masyarakat pun sadar akan kewajiban membayar zakat, masyarakat sudah sadar akan keseimbangan hidup di dunia dan akhirat

Perkembangan Desa Arang Limbung setelah berdirinya beberapa industri tersebut membuat perekonomiaannya lebih berkembang. Kawasan di pinggir jalan sudah mempunyai nilai jual yang tinggi, karena tanah yang berada di sekitar pabrik atau kawasan industri tersebut sudah beralih fungsi menjadi kawasan kios pertokoan dan sarana lainnya yang menyediakan keperluan bagi pekerja yang bekerja di pabrik-pabrik di Desa Arang Limbung.

Indikator kemajuan perekonomian di suatu wilayah bisa dilihat dari beberapa hal, diantaranya adalah banyaknya aktivitas ekonomi masyarakat. aktivitas ekonomi muncul karena banyaknya permintaan baik barang dan jasa di sekitar wilayah tersebut. 

Dibangunnya pabrik-pabrik industri menyebabkan permintaan terhadap kebutuhan pangan, sandang dan papan pun meningkat. Tenaga kerja yang bekerja di kawasan industri tersebut tidak hanya berasal dari daerah sekitar pabrik atau Desa Arang Limbung saja. (PENULIS - Vetty Cerly Anggriyani 12103124 & Sri Wulandari 12103071)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini