Analisis Dampak Anjloknya Harga Komoditas Perkebunan Unggulan "Kelapa dan Pinang" di Kabupaten Kubu Raya

Sebarkan:





Ninemedia.id - Kabupaten Kubu Raya adalah sebuah kabupaten di Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia, Kabupaten ini memiliki potensi perkebunan unggulan, terutama kelapa dan pinang. Namun, seperti halnya komoditas perkebunan lainnya, harga kelapa dan pinang juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor. 

Berikut ini adalah beberapa dampak yang dapat mempengaruhi harga komoditas perkebunan unggulan di Kabupaten Kubu Raya. 

Pertama, Permintaan pasar. Kedua, Produksi dan pasokan. Ketiga, Faktor iklim dan cuaca. Keempat, Harga input. Kelima, Fluktuasi nilai tukar. Keenam, Kebijakkan pemerintah.

Dampak anjloknya harga kelapa dan pinang terhadap petani dan masyarakat di Kabupaten Kubu Raya. Para petani saat ini mengeluh dikarenakan beberapa bulan terakhir hingga saat ini harga pinang dan kelapa turun drastis. 

Satu diantara Petani, Anwar mengatakan jika harga pinang dan harga kelapa saat ini jauh menurun dari biasanya.

 "Harga pinang saat ini dihargai 2 ribu yang beberapa bulan sebelumnya tembus hingga 10 ribu perkilo. Untuk harga kelapa saat ini hanya dihargai seribu 700 rupiah perkilo", katanya.

Adapun, langkah-langkah yang dapat diambil petani untuk mengatasi dampak anjloknya harga kelapa dan pinang di Kabupaten Kubu Raya.

Pertama, Meningkatkan efisiensi produksi. Kedua, Meningkatkan kualitas produk. Ketiga, Diversifikasi usaha. Keempat, Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan. Kelima, Peningkatan akses pasar. (***/PENULIS - Fauqul Aziz 12103091 & Senja Israbel Dermawan 12103066)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini