Menakjubkan, Bupati Satono Bangun 29 Jembatan Tanpa APBD

Sebarkan:

Foto: Capaian pembangunan Pemkab Sambas dari dana Non APBD tahun 2021-2022. (Istimewa)

Ninemedia.id, SAMBAS,- Bupati Sambas, Satono menorehkan prestasi yang menakjubkan selama kurang lebih 1,5 tahun menjabat sebagai Bupati Sambas, Senin 26 Desember 2022. 

Bagaimana tidak, sejak dilantik pada 14 Juni 2021 yang lalu. Bupati Satono telah membangun sedikitnya 29 jembatan di seluruh Kabupaten Sambas dengan tidak menggunakan dana dari APBD Kabupaten Sambas.



Sejak dilantik pada 2021, dia sudah membangun 11 Jembatan dan 18 Jembatan di tahun 2022. Sehingga total sedikitnya ada 29 jembatan yang sudah di bangun di Kabupaten Sambas dengan dan Non APBD.

Dari 29 jembatan itu, total panjang jembatan yang dibangun sudah mencapai lebih dari 1 Km, atau tepatnya 1.064,2 meter, yang tersebar di seluruh Kabupaten Sambas.



Jembatan yang kemudian di sebut sebagai Jembatan Berkemajuan itu kalau di kalkulasikan dibangun dengan dana sebesar 3.183 Miliar. Tapi yang membanggakan adalah, dana itu tidak bersumber dari APBD. 

Bupati Satono mengatakan jembatan Berkemajuan ini dibangun dari, oleh dan untuk masyarakat Kabupaten Sambas. Sehingga wajar, total ada 54.840 orang yang menjadi penerima manfaat dari pembangunan tersebut. 

[cut]

Foto: Capaian pembangunan Pemkab Sambas dari dana Non APBD tahun 2021-2022. (Istimewa)

Dengan inovasi tersebut, Sambas di Ganjar dengan penghargaan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Mereka menerima IGA Award 2022 yang merupakan penghargaan rutin diberikan oleh Mendagri Tito Karnavian kepada Bupati dan Wali Kota di seluruh Indonesia yang mampu memajukan daerahnya dengan inovasi.



"Alhamdulillah kerja keras kita selama ini terbayarkan. Setelah semuanya kita persiapkan, seperti presentasi dan pemaparan materi di Kementerian Dalam Negeri, kita bisa meraih penghargaan IGA Award 2022," katanya.

"Saya sangat bersyukur sekali karena bisa hadir dan menerima langsung IGA Award 2022 dari Mendagri. Bagi saya ini adalah terobosan yang luar bisa sekali untuk Kabupaten Sambas sebagai daerah perbatasan," ujar Bupati Sambas.



Sebelumnya, Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri, Yusharto Huntoyugo datang ke Kabupaten Sambas dalam rangka asistensi penilaian Innovative Government Award 2022. 

Kedatangan Kepala BSKDN Kemendagri di Kabupaten Sambas adalah untuk melihat langsung bagaimana inovasi yang dilakukan oleh Bupati Satono dalam membangun infrastruktur daerah tanpa dana APBD. (Wak)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini