Dua Warga Selakau Timur Teridentifikasi Jadi Korban Tanah Longsor

Sebarkan:

Foto: Proses pencarian korban tanah longsor beberapa waktu lalu yang melibatkan tim gabungan hingga alat berat. (Istimewa)

Ninemedia.id, SAMBAS,- Terdapat dua warga Kabupaten Sambas yang teridentifikasi sebagai korban tanah longsor di Desa Kinande, Kecamatan Lembah Bawang, Kabupaten Bengkayang pada (16/9) kemarin. 

Dua dari beberapa korban jiwa dari peristiwa itu adalah warga Kecamatan Selakau Timur, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.

Camat Selakau Timur Uray Iskandar, Danramil 06/Slk Lettu Inf Mastari beserta dua orang anggota Serka, Kasi Trantip Kecamatan Selakau Timur M. Isa, Pranata linmas Herlambang turun lansung untuk ikut mencari korban.

Kata Camat Selakau Timur, Uray Iskandar kalau diantaranya korban yang selamat dalam kejadian tersebut adalah Sapu'ad (40), warga Dusun Teluk Manis RT 007/RW 004 Desa Seranggam, Kecamatan Selakau Timur.



Menurutnya, kejadian itu terjadi sekitar pukul 20.00 Wib. Yang mana di lokasi terdapat puluhan pekerja. 

"Dari keterangan korban yang selamat kejadian tersebut pada pukul 20.00 wib pada tanggal 15 september 2022 Saat itu di tempat kejadian kurang lebih ada 50 sampai 60 orang yang berada di lokasi tersebut," katanya.

Dia menjelaskan dari informasi korban yang selamat, pada saat kejadian korban dan rekannya sedang melakukan pendulangan emas di lokasi dengan menggunakan peralatan tradisional.

"Kejadian terjadi pada saat korban dan rekan lainnya melakukan Ngedulang/ Ngereke dilokasi PETI. Ada sekitar belasan orang dengan menggunakan alat linggis dan alat dulang tradisional," jelasnya.



Dan terdapat beberapa rekannya yang pada saat kejadian memang sedang berada di dalam lubang pendulangan tersebut. Sementara itu, untuk korban yang selamat kondisinya saat ini mengalami luka-luka.

"Sebagian dari para pekerja ada yang posisinya didalam lubang, sehingga sampai tertimbun dan ada juga yang ter seret tanah longsor. Dan untuk kondisi korban atas nama Sapu'ad mengalami luka pada tangan kanan hingga robek sehingga dijait sebanyak 28 Jaitan dan kedua kaki terkilir," ungkapnya.

"Sementara itu, juga terdapat korban sebanyak lima orang meninggal, tujuh orang luka- luka dan korban dari selakau satu orang (Tumin) Alamat Dusun Gunung Hijau Desa Selakau Tua Kecamatan Selakau Timur," tutupnya. (Zal)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini