Kalbar Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Rakornas PATRI

Sebarkan:

Foto: Ketua PATRI Kalbar saat menggelar pertemuan di Jakarta. (Istimewa)

Ninemedia.id, Pontianak,- Eksistensi pengurus dan warga Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) di Kalimantan Barat semakin diakui di kancah nasional. 

Buah dari kerja keras dari segenap elemen dan stakeholder di daerah adalah kepercayaan dari pengurus pusat yang menunjuk DPD PATRI Kalbar sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) tahun ini, Sabtu 9 April 2022.

Kepastian ditunjuknya Kalbar sebagai tuan rumah Rakornas disampaikan oleh Ketua DPD PATRI Kalimantan Barat, Imam Muhadi. Kata dia, pada Rabu (6/4) lalu DPP PATRI mengadakan rapat yang dihadiri oleh Ketua Umum, Sekjen dan beberapa pengurus DPP PATRI dan ditambah koordinator KOPADIRA Bambang Sulistio dan Ketua Umum DPD PATRI Kalbar dan Riau. 

Pada pertemuan ini tercetus usulan untuk menunjuk Kalimantan Barat sebagai tuan rumah Rakornas dan diamini semua peserta pertemuan.

Baca Juga: Pemda Sambas Raih Piagam Penghargaan Pembangunan Daerah Tahun 2022

Baca Juga: Bupati Sambas Terima Kunjungan BPOM Pontianak

“Pertimbangannya posisi Kalbar berada di tengah dan strategis serta selama ini dianggap cukup aktif membesarkan dan mengembangkan masyarakat transmigrasi,” ujar Imam.

Dipaparkan Imam, saat ini Pengurus PATRI Kalbar memang tengah fokus pada peningkatan kapasitas pengurus dan penguatan organisasi. Dalam konteks kepengurusan, PATRI telah hadir lebih dari separuh Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat dengan beragam program dan aktivitas organisasi yang beragam. 

Selain itu juga telah dibentuk Himpunan Wirausahawan Transmigrasi (HW Trans) sebagai wadah berhimpun anggota PATRI di bidang bisnis dan entrepreneurship. Hal inilah yang dipandang pengurus DPP PATRI sebagai nilai plus PATRI Kalimantan Barat, selain secara posisi dan letak geografis Kalimantan Barat juga cukup strategis secara nasional.

“Posisi kita berada di tengah. Selain itu Kalimantan Barat juga berbatasan dengan negara tetangga sehingga secara geografis dan demografis kita sangat strategis. Ditambah lagi kita tahu bahwa Pulau Kalimantan telah ditunjuk sebagai calon ibukota negara,” jelas Imam.

Baca Juga: Pelaku Pencabulan Anak Tiri di Melawi di Ancam Hukuman 15 Tahun Penjara

Baca Juga: Rumah Adat Laman Betang, Kecamatan Menukung Hangus Terbakar

Dijelaskan oleh Imam, pada kegiatan Rakornas nanti akan dibahas sejumlah tema dan agenda kegiatan yang sangat penting bagi gerak langkah organisasi yang menghimpun anak dan warga transmigrasi secara nasional ini. 

Seperti diketahui, sebagai program resmi pemerintah transmigrasi memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam menjaga integrasi bangsa lokomotif penggerak pembangunan kawasan di tanah air. 

Karena tidak sedikit daerah otonom baru yang lahir berkat adanya program transmigrasi yang telah diluncurkan sejak awal kemerdekaan. 

“Kami mohon doa dan dukungan segenap warga PATRI khususnya dan warga Kalimantan Barat pada umumnya agar kegiatan Rakornas nanti bisa berhasil dan memberi manfaat bagi kita semua,” tutup Imam. (Red1)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini