Mahasiswa IAIS Sambas Lolos Lomba Debat Bawaslu di Tingkat Nasional

Sebarkan:

 


Foto: Tim Debat IAIS Sambas saat mengikuti kompetisi debat Bawaslu RI via Daring. (istimewa) 

Ninemedia.id, SAMBAS,- Tim Debat Institut Agama Islam Sultan Muhammad Syafiuddin (IAIS) Sambas mengikuti tahap eliminasi kompetisi Debat Penegakan Hukum Pemilu antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ke II Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Badan pengawas pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI), Selasa 8 Februari 2022. 

Tim debat IAIS Sambas ini beranggotakan 3 mahasiswa, yaitu Nelsy Yendra, Sabrina Denora Raysa dan Irfansyah yang merupakan mahasiswa program studi Hukum Tata Negara, di Fakultas Syariah, IAIS Sambas. 

Pada tahap eliminasi yang dilaksanakan lewat daring, peserta debat diminta untuk membuat artikel serta video simulasi debat dengan mosi yang sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara, yaitu "Pembatasan Kewenangan Bawaslu dalam Penanganan Pelanggaran Pemilu Pasca Penetapan Hasil Perolehan Suara Secara Nasional. 

Peserta Debat, Nelsy Yendra mengatakan setelah tahap eliminasi dilalui. Maka diumumkan 32 Perguruan Tinggi Se-Indonesia yang lolos ke tahap selanjutnya, dan salah satunya adalah Tim Debat perwakilan IAIS Sambas. 

Baca Juga: Terkait Video Viral Perkelahian di Pontianak, Kapolresta Pontianak Kota Ungkap Kronologinya

"IAIS Sambas menjadi satu-satunya perguruan tinggi dari Kalimantan Barat yang melaju ke babak Nasional," katanya. 

Selanjutnya kata Nelsy, mereka akan melanjutkan kompetisi di tingkat Nasional yang akan diselenggarakan di DKI Jakarta pada 21-24 Februari 2022, mendatang. 

Karenanya, dia berharap doa dan dukungan sekali lagi dari kampus, Bawaslu dan mahasiswa IAIS Sambas untuk bisa mendoakan mereka berhasil di tingkat Nasional. 

Baca Juga: Wabup Rofi Hadiri Pelantikan Pengurus Karang Taruna Kecamatan Sejangkung

"Alhamdulillah berkat support dari berbagai pihak khususnya para Dosen Fakultas Syariah IAIS Sambas, Bawaslu Kabupaten Sambas, dan teman-teman mahasiswa kami dapat menorehkan prestasi untuk kampus tercinta," ujar Nelsy. 

Dengan demikian kata dia, mereka berharap bisa mengenalkan kampus IAIS Sambas di tingkat Nasional. 

"Kami berharap dengan lolosnya IAIS Sambas, berdampingan dengan 31 Perguruan Tinggi Ternama lainnya dapat memajukan atau meningkatkan kualitas IAIS Sambas khususnya dan membawa nama baik Kabupaten Sambas umumnya," tutup Nelsy. (Red1)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini