Analisis Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Driver Gojek Di Kota Pontianak

Sebarkan:

 


Ninemedia.id - Transportasi ojek online merupakan angkutan umum yang sedang banyak diminati masyarakat, sama dengan ojek pada umumnya ojek online menggunakan sepeda motor sebagai sarana pengangkutan.

Ada beberapa faktor-faktor yang memberikan pengaruh terhadap pendapatan para driver Gojek di Kota Pontianak antara lain 1) Pengaruh jam kerja terhadap pendapatan driver Gojek di Kota Pontianak. 2) Pengaruh jumlah transaksi jasa terhadap pendapatan driver Gojek di Kota Pontianak. 3) Pengaruh skema insentif terhadap pendapatan driver Gojek di Kota Pontianak. 4) Pengaruh pengalaman kerja terhadap pendapatan driver Gojek di Kota Pontianak.

Pengaruh Jam Kerja Terhadap Pendapatan Driver Gojek di Kota Pontianak

Jam Kerja adalah waktu melakukan suatu pekerjaan, dapat dilaksanakan pagi hari, siang hari atau malam hari. Semakin sedikit waktu yang diperlukan untuk bekerja maka semakin banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan. Apabila waktu yang dicurahkan untuk bekerja semakin banyak, maka pendapatan yang diperoleh pun semakin banyak.

Hal tersebut Jam kerja berpengaruh signifikan terhadap pendapatan driver Gojek di Kota Pontianak, hal ini dikarenakan para driver selalu mengeluarkan jam kerjanya lebih banyak atau bisa dikatakan bekerja full time (diatas delapan jam) sehingga pendapatan yang diperolehnya meningkat.

Semakin lama para driver meluangkan waktu untuk bekerja, maka semakin banyak orderan atau point yang dikumpulkan para driver, sehingga dapat menambah pendapatan yang di peroleh setiap harinya.

Pengaruh Jumlah Transaksi Jasa Terhadap Pendapatan Driver Gojek di Kota Pontianak

Jumlah transaksi jasa adalah permintaan konsumen terhadap barang yang dinginkannya, maksud dari jumlah itu sendiri ialah jumlah pesanan yang dapat dihandle atau ditangani oleh driver ojek online, karena dengan begitu dapat mencerminkan kemampuan driver dalam melakukan pekerjaan dan permintaan akan jasa yang di butuhkan oleh konsumen, dari kuantitas jumlah transaksi yang dapat ditangani oleh driver dalam sehari akan menjadi gambaran untuk mengetahui potensi pendapatan yang akan diterima oleh driver Gojek itu sendiri.

[cut]

Pengaruh Skema Insentif Terhadap Pendapatan Driver Gojek Di Kota Pontianak

Skema insentif tidak berpengaruh terhadap pendapatan driver Gojek di Kota Pontianak, dikarenakan kenyataannya banyak dari driver Gojek tidak mengambil insentif setiap harinya. Alasannya, karena tidak sesuai dengan hasilnya, insentif yang di dapat hanya menambah pendapatan yang tidak mencukupi Rp. 85,000 saja dan terbatas dengan waktu dari jam 08.00-20.00.

Resikonya ketika mengambil insentif tersebut maka akun driver Gojek tidak boleh aktif hingga jam 20.00 WIB, sehingga banyak sekali driver yang merasa rugi akan hal itu dan mereka lebih memilih untuk tidak mengambil insentif tersebut. Karena ketika para driver tidak mengambil bonus tersebut, dan tidak mematikan akunnya, pendapatan mereka lebih banyak atau bisa diatas dari Rp. 85,000 dalam sehari, maka skema insentif disini tidak berpengaruh terhadap pendapatan driver Gojek di Kota Pontianak.

Pengaruh Pengalaman Kerja Terhadap Pendapatan Driver Gojek di Kota Pontianak

Pengalaman kerja merupakan hal yang pernah dilakukan seseorang sebelum bekerja pada suatu lembaga atau seseorang yang telah bekerja cukup lama pada suatu lembaga atau perusahaan.

Semakin lama pengalaman kerja atau semakin banyak pengalaman kerja yang dimiliki oleh seseorang maka akan semakin terampil dan semakin cepat dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Sehingga output yang dihasilkan lebih banyak dan pendapatan yang mereka terima juga akan semakin bertambah. (***/PENULIS - Ramanda Saputra  & Syamsuddin)

Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini