Konser Dewa-19 di Pontianak, Kalbar di Tunda

Sebarkan:

Foto: Personil Dewa-19 yang dijadwalkan akan tampil di Pontianak. (Istimewa)

Ninemedia.id, PONTIANAK,- Konser Band papan atas Indonesia, Dewa-19 yang direncanakan akan melakukan konser di Qubu Resort, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat batal dilaksanakan, Jumat 2 Desember 2022. 

Sejatinya, konser itu direncanakan pada Jumat 2 Desember 2022, malam ini. Namun karena ada beberapa hal yang mesti dilengkapi belum selsai, maka konser itu dibatalkan oleh penyelenggara.



Konser itu dipastikan gagal karena panitia penyelenggara belum mengantongi rekomendasi konser dari pihak Kepolisian, khususnya Polres Kubu Raya.

Hal itu ditegaskan oleh Kapolres Kubu Raya AKBP Jerrold HY Kumontoy. Kata dia, setelah pihaknya melakukan pengecekan terhadap dokumen dan izin konser. 



Maka berdasarkan petunjuk pelaksanaan (Juklak) Kapolri tahun 1995 dan Peraturan Presiden nomor 60 tahun 2016, pihaknya menemukan ada persyaratan yang tidak dipenuhi oleh penyelenggara.

"Dicek diberikan kesempatan juga untuk memaparkan kesiapan mereka, dan sesuai peraturan itu berkas itu harus 3-4 hari setelah dinyatakan lengkap," katanya.

[cut]

Foto: Personil Dewa-19 yang dijadwalkan akan tampil di Pontianak. (Istimewa)

"Maka kita lakukan pemeriksaan baru kita bisa memberikan rekomendasi ke Polda untuk izin keramaian agar bisa diberikan," sambung Kapolres.

Tidak hanya itu, kata dia pada saat pandemi Covid-19, izin konser harus disertai juga surat izin dari Satgas Covid 19, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Kemenkes.


"Disitu kan ada aturan, terkait protokol kesehatan, jarak yang diatur, sehingga kapasitas dari penonton harus dibatasi, nah itu harus persyaratan yang harus didapatkan," tuturnya.

"Izin keramaian untuk konser ada di Polda, dan kita belum memberikan rekomendasi untuk itu. Berkas sudah kita kembalikan ke pihak EO dan memberikan edukasi mana yang belum," timpalnya.


Dia menuturkan, kalau rekomendasi juga tidak bisa diberikan dalam waktu singkat. Dan memerlukan waktu untuk melakukan pemeriksaan, sehingga mengharuskan konser di tunda.

"Kami juga sudah memberikan penyampaian yang tegas disitu bahwa rekomendasi tidak bisa kita berikan, jarak waktu sudah sangat dekat, sehingga kita meminta mengajukan izin jadi menunda konser izin," katanya. 

[cut]

Foto: Personil Dewa-19 yang dijadwalkan akan tampil di Pontianak. (Istimewa)

"Memang mereka sudah mengajukan 14 hari sebelumnya, namun mendekati hari masih belum memenuhi semua persyaratan," jelasnya.

Selanjutnya kata dia, bahwa pihaknya siap memberikan pelayanan kapanpun kepada pihak penyelenggara bila mengajukan izin kembali.

"Kita siap memeriksa kita siap memberikan rekomendasi dan kita siap mengawal kegiatan ini sampai selesai," tegasnya.

 
"Namun untuk kegiatan kali ini, kita dari Polres sudah menyampaikan tidak memberikan rekomendasi dan meminta kepada pihak EO menyampaikan melalui media bahwa kegiatan konser ditunda," tutupnya.

Mereka juga sudah meminta kepada pihak penyelengara untuk segera membongkar panggung serta atribut konser lainnya.  Karena dikhawatirkan kalau tidak dibongkar akan mendatangkan penonton padahal konser ditunda. (Wak)
Sebarkan:
Komentar

Berita Terkini